Definisi Bahasa Iklan
Iklan dapat diartikan sebagai berita pesan yang disampaikan untuk membujuk khalayak / orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak / orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar / koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dengan demikian, iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan dan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan. Sedangkan bahasa iklan itu sendiri merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat iklan. Bahasa yang dianggap bisa menarik orang untuk membeli atau memakai jasa atau barang yang ditawarkan. Untuk menyampaikan gagasan pikiran dalam suatu bahasa seorang penulis iklan harus mengetahui aturan-aturan bahasa tersebut, seperti tata bahasa, kaidah-kaidahnya, dan sebagainya. Syarat ini adalah syarat yang mutlak.Syarat – syarat tersebut diantaranya:
- Menggugah: mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
- Informatif: kata-katanya harus jelas, bersahabat, komunikatif. Tidak bertele-tele apalagi sampai mengabaikan durasi penayangan.
- Persuasif: rangkaian kalimatnya membuat konsumen nyaman, senang, tentram, menghibur. Bertenaga gerak: komposisi kata-katanya menghargai waktu selama masa penawaran/masa promosi berlangsung.
Tips – tips membuat iklan yang baik diantaranya:
1. Bahasa iklan
• Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis.
• Ungkapkan atau majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif .
• Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan.
2. Isi iklan
• Objektif dan jujur, dalam arti sesuai kenyataan dan tidak mempromosikan sebuah kebohongan, yaitu membohongi orang yang membaca iklan tersebut.
• Singkat dan jelas, dalam arti iklan yang disajikan tidak bertele-tele dengan bahasa yang panjang lebar sehingga yang melihat iklan menjadi bosan. Lebih baik singkat dan menarik.
• Tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain, dalam arti tidak menjelek-jelekan produk lain.
• Menarik perhatian banyak orang.
Casino | Dr.Mcd.com
BalasHapusThe main casino floor of the casino includes 안성 출장마사지 everything from slot 서울특별 출장샵 machines, 전라북도 출장샵 table games, sports betting and more. With 광주 출장샵 more than 1,000 games being played, 김포 출장마사지